October 20, 2020

Sinar Migran

Media Informasi Pemberdayaan Buruh Migran

Tes Covid-19: bagaimana dan dimana?

Hong Kong-SM, Senin (07/09/2020) Program Pengujian Komunitas Universal (program UCTP) atau tes Covid-19 dari pemerintah Hong Kong sudah berlangsung sepekan.

UCTP yang bertujuan guna menemukan pasien asimtomatik (tanpa gejala-red) sedini mungkin ini diupayakan untuk identifikasi awal, isolasi awal dan pengobatan dini, serta untuk memutus rantai penularan virus di masyarakat.

UCTP dimulai pada 1 September 2020 dan booking online sudah dimulai sejak 29 Agustus dan seterusnya. Penjadwalan ini berlaku selama tujuh hari dan dapat diperpanjang untuk maksimal tujuh hari berikutnya  berdasarkan perkembangan.

Tes yang dilakukan meliputi tes usap hidung dan tenggorokan yang akan dikumpulkan oleh staf dengan pelatihan medis dan perawatan kesehatan ini bersifat gratis satu kali dan sukarela bagi  semua penduduk Hong Kong  tetap dan tidak tetap yang merupakan pemegang kartu identitas Hong Kong (HKID) atau akta kelahiran yang masih berlaku.

Catatan: Anak-anak di bawah 6 tahun dan orang yang telah menjalani operasi tenggorokan atau hidung tidak dianjurkan ikut  berpartisipasi dalam program UCTP.

Langkah tes:
1. Melakukan booking online. Klik di sini untuk sistem pemesanan 24 jam. https://booking.communitytest.gov.hk/form/index.jsp
Masukkan nama Anda, nomor HKID / nomor registrasi kelahiran pada akta kelahiran dan nomor ponsel lokal, lalu pilih Community Testing Center dan slot waktu. (Slot waktu ditampilkan dengan interval 30 menit.)

Setelah menyelesaikan booking online, Anda akan menerima SMS yang mengonfirmasi tanggal dan slot waktu booking Anda, dengan nama Pusat Pengujian Komunitas dan nomor referensi.

Pusat Pengujian Komunitas tersedia di 18 distrik di Hong Kong. Klik disini https://www.communitytest.gov.hk/en/locations

buka dari jam 8:00 pagi hingga 8:00 malam dengan jeda istirahat satu jam untuk pembersihan dan desinfeksi.
Klik di sini untuk alamat Pusat Pengujian Komunitas.

2. Pergi untuk mengumpulkan spesimen Bawalah HKID dan SMS Anda, datangi pusat  pengujian komunitas yang telah Anda pilih. Staf di Community Testing Center akan memberi Anda botol spesimen dengan nomor seri dan mendaftar untuk Anda.

Ditempat ini, staf dengan pelatihan medis dan perawatan kesehatan kemudian akan mengumpulkan penyeka hidung dan tenggorokan gabungan Anda.

Setelah rangkaian tes dilakukan, Anda juga akan menerima SMS yang mencantumkan nomor referensi dan nomor seri botol spesimen Anda, mengkonfirmasikan bahwa Anda telah menyelesaikan pendaftaran.

Hasil sampel tes negatif, peserta akan diberi tahu melalui SMS pemberitahuan dalam kurun waktu sekitar 3 hari.

Jika sampel tes positif, Departemen Kesehatan akan mengatur untuk masuk ke rumah sakit umum untuk perawatan.
Karantina akan diatur untuk kontak dekat sementara pengawasan medis akan diatur untuk kontak lain.

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan klik di sini untuk FAQ https://www.communitytest.gov.hk/en/faq atau hubungi hotline 24 jam 3142 2368.

—-

Please follow and like us: