November 30, 2020

Sinar Migran

Media Informasi Pemberdayaan Buruh Migran

SEGERA PULANGKAN WNI KRU KAPAL PESIAR DIAMOND PRINCESS DI YOKOHAMA, JEPANG

LINDUNGI SEMUA WNI TANPA DISKRIMINASI

Kami dari Jaringan Buruh Migran Indonesia (JBMI) yang terdiri dari organisasi-organisasi massa yang menghimpun buruh migran dan keluarganya mendukung sepenuhnya tuntutan pekerja migran pelayaran yang bekerja di kapal pesiar Diamond Princess yang saat ini berada di Yokohama, Jepang untuk segera dipulangkan dengan pesawat. Mereka adalah WNI dan pekerja migran yang harus dilindungi oleh negara tanpa diskriminasi.

Seperti yang diberitakan di media massa, saat ini ada 74 pekerja Indonesia yang sudah dinyatakan bebas Corona namun belum dievakuasi. Mengingat besarnya jumlah korban yang terifeksi Corona di kapal pesiar tersebut, para pekerja migran tersebut sangat khawatir dan putus asa akan keselamatan mereka. Sementara itu, ratusan penumpang dan pekerja dari kebangsaan lain seperti dari India, Filipina dan Hong Kong sudah dievakuasi oleh pemerintahannya masing-masing.

Jika pemerintah bisa mengevakuasi 238 WNI dari propinsi Hubei, China dengan pesawat, maka JBMI yakin bahwa pemerintah juga bisa memberlakukan kebijakan yang sama untuk mengevakuasi pekerja kru kapal pesiar Diamond Cruise.

Seperti halnya jutaan pekerja migran lain yang berada diluar negeri, para pekerja sektor pelayaran ini juga merupakan tulang punggung keluarga dan penyumbang devisa. Kontribusi pekerja migran sangat besar terhadap negara, terutama menjadi penopang ekonomi keluarga sehingga roda ekonomi terus berjalan.

JBMI menuntut pemerintah untuk melindungi dan menyelamatkan semua WNI diluar negeri apapun profesi dan status keimigrasiannya serta yakinkan tidak ada unsur-unsur diskriminasi.

Jakarta, 26 Februari 2020
Kontak
Iweng Karsiwen (081281045671)

Please follow and like us: