September 18, 2020

Sinar Migran

Media Informasi Pemberdayaan Buruh Migran

Rekor tertinggi: 48 kasus virus Corona baru dalam sehari 

Hong Kong- SM, Jum’at (20/03/2020) Otoritas kesehatan Hong Kong melaporkan rekor kasus virus Corona dalam sehari sebanyak 48 kasus
Jumlah ini hampir dua kali lipat dari hari sebelumnya dan menjadi rekor tertinggi.

Tiga puluh enam dari orang yang terinfeksi dikonfirmasi telah melakukan perjalanan ke luar negeri sebelumnya.

Di antara kasus-kasus tersebut, diantaranya  berusia empat hingga 69 tahun, sebanyak delapan adalah siswa yang telah kembali dari studi mereka di luar negeri – setengahnya kembali dari Inggris.

Sementara kasus yang lainnya adalah sopir taksi yang melakukan trayek secara teratur mengangkut penumpang dari bandara.

Seorang pekerja rumah tangga asing, atlet Karate Tsang Yee-ting dan seorang gadis berusia empat tahun yang telah menghabiskan waktu di London termasuk di antara mereka yang terinfeksi.

Sebagian besar kasus baru memiliki sejarah perjalanan di Eropa, Kanada, dan AS, serta Thailand, Indonesia, dan Filipina.

Beberapa telah tertular virus di sebuah pernikahan di Discovery Bay dan saat mengunjungi kawasan kehidupan malam yang populer, Lan Kai Fong.

Kepala Cabang Penyakit Menular dari Pusat Perlindungan Kesehatan, Dr Chuang Shuk-kwan, mengatakan pihak berwenang memperkirakan bahwa tingkat kasus baru akan berlanjut selama dua minggu atau lebih, mengingat jumlah penduduk Hong Kong yang kembali dari luar negeri.

“Kami berharap jumlah kasus yang tinggi akan tetap selama setidaknya beberapa hari atau satu atau dua minggu karena kasus yang kami terima hari ini – beberapa dari mereka memiliki riwayat perjalanan sedikit lebih awal. Bukan hanya mereka yang datang dalam dua hari terakhir, “katanya.

Sementara itu, rumah sakit mengakui ada sebanyak 267 pasien yang menunjukkan gejala Covid-19 selama 24 jam terakhir.

Otoritas Kesehatan mengatakan dalam sebuah pertemuan media pada Jum’at sore menyebutkan bahwa sebanyak 363 pasien tetap dalam isolasi dan 98 pasien yang terinfeksi telah pulih dan dipulangkan.

Sejak pertama kali terdeteksi di provinsi Hubei China, Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 244.000 orang, yang menyebabkan sedikitnya 10.000 kematian di 160 negara dan wilayah. Hong Kong telah melaporkan 208 kasus infeksi dan empat kematian.

Sumber: hkfp

Please follow and like us: