Sinar Migran

Pusat Karantina Penny’s Bay bisa dipesan mulai Selasa untuk karantina PRT migran

Pusat karantina Penny’s Bay di Lantau Hong Kong.

Hong Kong-SM, Sabtu (11/09/2021) Pemerintah Hong Kong hari ini mengumumkan pembukaan Pusat Karantina Penny’s Bay (PBQC) Lantau bagi PRT migran (FDH) mulai 20 September.

Dalam rilis yang di muat di situs pemerintah Jum’at (10/09/2021), disebutkan sebanyak 800 unit disediakan untuk FDH yang masuk dan telah menerima vaksinasi lengkap dari negara yang dikelompokkan dalam group A yaitu Bangladesh, India, Indonesia, Malaysia, Nepal, Pakistan, Filipina, Singapura, Thailand dan Uni Emirat Arab.

Seorang juru bicara Pemerintah mengatakan, “Pandemi global parah dan Pemerintah harus waspada menegakkan kebijakan penjagaan terhadap impor kasus.

Pembukaan kembali masuknya FDH ke Hong Kong harus dilaksanakan secara terkendali serta bertahap dan tertib. Pemerintah telah menyediakan hotel sebagai Designated Quarantine Facility (DQF) (dengan total 409 kamar) sebelumnya untuk karantina FDH tersebut di atas. PBQC Tahap 1 dan 2 akan menyediakan tambahan 800 unit untuk tujuan yang sama.

“Pemerintah akan mengenakan biaya sebesar $480 per malam per unit (termasuk tiga kali makan dan semua biaya) berdasarkan biaya pemulihan.

Majikan dan agen tenaga kerja (EA) dapat mengajukan permohonan reservasi kamar melalui sistem pemesanan di Portal FDH Departemen Tenaga Kerja (LD) (www.fdh.labour.gov.hk) mulai dari jam 9 pagi pada tanggal 14 September.

Juru bicara tersebut melanjutkan,
“Untuk mengatur FDH bisa datang ke Hong Kong secara bertahap dan teratur dan untuk menjaga dari kasus impor, PBQC akan menerima paling banyak 50 FDH setiap hari. Sistem pemesanan akan menunjukkan kamar yang tersedia untuk dipesan di 30 hari mendatang.

LD akan memproses aplikasi dalam urutan pengajuan aplikasi. LD akan menghubungi pemohon dalam satu atau dua hari untuk mengonfirmasi penerimaan aplikasi dan meminta pemohon untuk memberikan dokumen yang relevan (yaitu salinan paspor FDH, visa kerja yang valid dan catatan vaksinasi yang diakui).

Setelah memverifikasi dokumen yang relevan, LD akan mengeluarkan surat permintaan kepada pemohon. Pemohon harus menyelesaikan pembayaran dan menunjukkan tanda terima pembayaran dalam jangka waktu yang ditentukan.

Pemesanan proses akan selesai setelah dikeluarkannya konfirmasi pemesanan oleh LD Untuk hal-hal yang perlu diperhatikan selama karantina FDH di PBQC dan daftar barang yang harus dibawa, silakan merujuk ke ‘Catatan untuk Membuat Reservasi’ pada sistem pemesanan. Untuk pertanyaan, silakan hubungi staf saat membuat reservasi kamar.”

Jika pemohon tidak menyerahkan dokumen yang diperlukan, menyelesaikan pembayaran atau menunjukkan tanda terima pembayaran dalam jangka waktu yang ditentukan, pemesanannya dapat dibatalkan.

Pembayaran akan dikembalikan jika seorang FDH dinyatakan positif COVID-19 sebelum check-in. Perubahan atau pembatalan pemesanan oleh sebab perubahan atau pembatalan penerbangan oleh maskapai atau karena penguncian, bisa dilakukan dengan syarat dokumen pendukung yang relevan diajukan terlebih dahulu.

Jika ada kebutuhan pembatalan pemesanan yang telah dikonfirmasi dan mengajukan pengembalian uang atau mengubah tanggal check-in karena keadaan khusus lainnya, LD akan menerapkan fleksibilitas dengan mempertimbangkan manfaat individu dari setiap kasus.

FDH yang telah tinggal di tempat tertentu dalam Grup A selama 21 hari pada atau sebelum hari boarding penerbangan dan memiliki catatan vaksinasi yang diakui yang dikeluarkan oleh otoritas lokal terkait dalam format yang ditentukan akan diminta untuk menjalani karantina di DQF ( daftar ada di Lampiran).

Majikan dan EA harus menyediakan waktu yang cukup untuk menyiapkan dokumen yang diperlukan dan menyelesaikan prosedur saat mengatur FDH datang ke Hong Kong. Mereka hanya boleh memesan tiket pesawat untuk FDH mereka setelah mereka berhasil mengkonfirmasi reservasi kamar di DQF.

Jika FDH belum memesan kamar di DQF, FDH tidak akan diizinkan naik pesawat ke Hong Kong atau mungkin ditolak masuk ke Hong Kong pada saat kedatangan.

Sedangkan untuk PRTA yang telah menerima vaksinasi penuh di Hong Kong, mereka sudah diperbolehkan untuk bekerja di Hong Kong dari tempat-tempat yang ditentukan Grup A mulai 9 Agustus. Grup PRTA ini harus menjalani karantina wajib di hotel karantina yang ditunjuk secara reguler.

Untuk kenyamanan pemberi kerja dan EA dalam membuat pengaturan, FDH juga dapat menjalani karantina di DQF yang disebutkan di atas (yaitu Pusat Karantina Silka Tsuen Wan dan Penny’s Bay) mulai dari tanggal 20 September dan seterusnya.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *