September 18, 2020

Sinar Migran

Media Informasi Pemberdayaan Buruh Migran

Pengadilan pembunuhan Kim Jong-nam: Doan Thi Huong menerima pengurangan hukuman dan bebas pada bulan Mei

SM (02/04/2019) Doan Thi Huong, perempuan Vietnam yang dituduh membunuh saudara tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un akan bebas paling cepat bulan depan.

Doan Thi Huong dijatuhi hukuman tiga tahun dan empat bulan penjara oleh pengadilan Malaysia setelah dia menerima sebagai gugatan pada hari Senin (01/04/2019).

Pengacaranya mengatakan, dia akan dibebaskan lebih awal karena sudah menjalani masa hukuman dan perilaku yang baik.
“Dalam mitigasi kami sebelumnya, kami mengatakan bahwa keadilan harus ditegakkan dan kami juga mengatakan di hadapan pengadilan bahwa pembunuh sebenarnya adalah empat orang Korea Utara dan menekankan bahwa itu harus diterima untuk keadilan. Sejauh menyangkut Doan kami bahagia karena pada akhirnya dia bisa pulang dalam waktu sebulan, “kata pengacara Doan, Hisyam Teh Poh Teik.

Keputusan hakim datang setelah rekan tertuduhnya dari Indonesia, Siti Aisyah dibebaskan bulan lalu. Kedua perempuan itu dituduh melakukan pembunuhan terhadap Kim Jong Nam dengan menabur racun pelumpuh syaraf ke wajahnya di bandara utama Kuala Lumpur pada Februari 2017.

Kedua perempuan tersebut bersikeras bahwa mereka tidak bersalah dan mengatakan mereka percaya bahwa mereka adalah bagian dari lelucon TV realitas.

Nguyen Thi Vy, ibu tiri Doan menyambut gembira kabar tersebut
“Kami cukup senang dengan putusan tersebut. Sebelumnya kami sangat takut ketika kami mendengar kata seperti ‘hukuman mati’ dan ‘leher digantung’, tapi sekarang hukuman dikurangi, dia sudah bertahan dalam beberapa tahun, sekarang dia hanya perlu mencoba bertahan satu bulan lagi.

Sumber: South China Morning Post, Al Jazeera.
(Vo)

Please follow and like us: