August 9, 2020

Sinar Migran

Media Informasi Pemberdayaan Buruh Migran

Organisasi beri pelayanan dan sosialisasi penanganan dampak virus Corona

Hong Kong, Selasa (10/03/2020) Asosiasi Buruh Migran Indonesia (ATKI) bersama MOVERS Indonesia membuka posko pelayanan dan sosialisasi penanganan dampak virus Corona (Covid-19) terhadap Buruh Migran di atas pasar Tsuen Wan.

Menurut Maesaroh, penanggung jawab utama pelayanan, posko di lakukan dengan tujuan agar penjangkauan pelayanan kepada buruh migran Indonesia (BMI) di Hong Kong lebih luas.

Maesaroh yang sekaligus sebagai ketua Asosiasi Buruh Migran Indonesia di Hong Kong (ATKI HK) mengungkapkan, banyaknya daerah di Hong Kong yang belum terjamah oleh pelayanan konselingan.

“Banyak sekali  BMI yang masih belum memahami hukum ketenagakerjaan di Hong Kong itu sendiri.”

Ia menambahkan karena lemahnya pengetahuan akan hukum ketenagakerjaan, banyak sekali BMI yang mengalami diskriminasi, yang di lakukan oleh majikan ataupun agen dan tidak bisa melawan.

Kondisi Hong Kong saat ini yang sedang ada wabah virus Corona, membuat kondisi diskriminasi semakin meningkat. Mae mencontohkan banyaknya BMI tidak diperbolehkan libur dengan alasan takut terkena virus jika libur. Tidak diberi cukup masker, cairan disinfektan, vitamin dan lain lain.

Sebagai bentuk pelayanan ATKI-HK dan MOVERS juga memberikan penyuluhan untuk BMI, di  Majlis Roudhotul Jannah Hong Kong selama 1 jam. Penyuluhan diikuti oleh 25 peserta yang hadir dengan semangat dan antusias.

Selain memberikan konselingan, di posko tersebut juga menyediakan pelayanan tensi darah, cek suhu badan dan penyaluran masker  dari Pemda Kediri secara gratis.

Kehadiran posko pelayanan menarik minat BMI yang berlibur untuk berkonsultasi atau cek darah dan cek suhu badan.
Mereka juga meminta supaya posko pelayanan secara rutin diadakan setiap seminggu sekali.

Please follow and like us:
error4
Tweet 20
fb-share-icon20