Sinar Migran

Lisensi Agen KK di Sham Shui Po dicabut

Hong Kong-SM, Selasa (08/02/2022) Seorang juru bicara dari Departemen Tenaga Kerja (LD) hari ini (8 Februari) mengingatkan operator agen tenaga kerja (EA) untuk menjalankan bisnis mereka sesuai dengan hukum dan persyaratan Kode Praktik untuk EA (CoP) setiap saat.

LD telah mencabut lisensi EA dari Agen Tenaga Kerja KK yang berlokasi di Sham Shui Po, pemegang lisensi yang sebelumnya dihukum karena mengoperasikan EA lain tanpa lisensi.

Penerima lisensi yang bersangkutan telah mengajukan banding ke Dewan Banding Administratif tetapi banding tersebut ditolak. Berdasarkan pasal 53(1)(c)(iv) dari Undang-undang Ketenagakerjaan (EO), Komisaris Tenaga Kerja dapat mencabut lisensi EA jika dia yakin bahwa penerima lisensi telah melanggar ketentuan Bagian XII atau peraturan apa pun yang dibuat berdasarkan bagian 62 dari EO.

“Undang-undang Ketenagakerjaan (Amandemen) 2018, yang mulai berlaku pada tanggal 9 Februari 2018, menetapkan bahwa Komisaris dapat menolak untuk mengeluarkan atau memperbarui lisensi, atau dapat mencabut lisensi, jika dia yakin dengan alasan yang masuk akal bahwa penerima lisensi atau orang yang bermaksud menjadi penerima lisensi EA, atau orang terkait dari atau individu yang dipekerjakan oleh penerima lisensi atau orang yang bermaksud menjadi penerima lisensi, telah melanggar ketentuan Bagian XII atau peraturan apa pun yang dibuat berdasarkan pasal 62 EO, seperti sebagai pencari kerja yang mengenakan biaya berlebihan atau mengoperasikan EA tanpa lisensi, atau tidak mematuhi CoP yang dikeluarkan berdasarkan pasal 62A(1) EO,” kata juru bicara LD.

LD telah mencabut lisensi dari total empat EA sejak 2021, termasuk kasus di atas. Untuk pertanyaan tentang hal-hal yang berkaitan dengan EA atau keluhan tentang dugaan malpraktik, silakan hubungi Administrasi Agen Tenaga Kerja LD di 2115 3667, atau kunjungi kantornya di Unit 906, 9/F, Pusat Komersial One Mong Kok Road, 1 Mong Kok Road, Kowloon.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *