September 19, 2020

Sinar Migran

Media Informasi Pemberdayaan Buruh Migran

“Kikis Cara Pandang dan Penilaian Negatif Terhadap Kaum Perempuan Lawan Peraturan dan Perlakuan Diskriminasi Terhadap Buruh Migran, Tolak Pembungkaman, Kekerasan dan Hentikan Peperangan”


ONE BILLIONS RISING 2020

One Billion Rising atau OBR adalah kampanye global, yang bertujuan untuk mengakhiri pemerkosaan dan kekerasan seksual terhadap perempuan dan gadis.
Kata “Milyar” sendiri mengacu pada data statistik PBB yang menunjukkan satu dari tiga perempuan mengalami pemerkosaan atau pemukulan dalam hidupnya. Atau jika dihitung dari presentasi jumlah penduduk di dunia yang berjumlah 7,53 miliar jiwa, artinya kurang lebih 1 miliar perempuan mengalami kekerasan.

Tahun 2020 merupakan tahun ke 9 sejak pertama kali gerakan OBR diluncurkan pada Februari 2012. OBR diinisiasi oleh seorang penulis dan aktifis perempuan, Eve Ensler sebagai respon atas pemerkosaan mahasiswi di India yang mengakibatkan korban kemudian meninggal dan juga perempuan yang menjadi korban kekerasan lainya.

Sekitar 5.000 organisasi dari 160 negara turut mengambil bagian dalam kampanye ini. Hingga 2019, lebih dari 200 negara turut berpartisipasi dan  memperjuangkan keadilan gender, iklim, ekonomi dan keadilan rasial.

Tarian OBR tahun ini mengambil tema BANGKIT untuk membebaskan semua perempuan termasuk perempuan migran  dari kekerasan seksual, fisik, ras, ekonomi, politik, sosial-budaya, ideologis dan krisis iklim.

Sampai saat ini, perempuan migran masih ada dalam lingkungan yang sangat rentan, baik dalam lingkungan keluarga, saat bekerja dan juga lingkungan masyarakat. Jumlah buruh migran sendiri terus mengalami kenaikan. Dari jumlah perkiraan 6 sampai 8 juta buruh migran yang terpaksa bekerja keluar negeri akibat dari monopoli atau penguasaan tanah oleh segelintir orang, penggusuran dan sempitnya lapangan pekerjaan di tanah air, 65 persennya adalah perempuan. Dan 80 persen dari jumlah tersebut bekerja di sector rumah tangga.

Tidak sedikit perempuan migran menanggung beban ganda dalam rumah tangga dengan menanggung semua pekerjaan rumah, anak sekaligus tulang punggung perekonomian. Perempuan migran juga mengalami kekerasan yang disebabkan oleh aturan-aturan yang dibuat oleh pemerintah seperti diiharuskan masuk PJTKI dan Agen, dokumen pribadi ditahan, ruang geraknya dibatasi dan masih diperlakukan layaknya barang dagangan.

Kemiskinan yang semakin parah membuat perempuan migran juga rentan menjadi sasaran sindikat kejahatan, perdagangan manusia, pemerasan melalui jebakan asmara sampai narkoba. Meski jaman sudah berubah, namun kita hidup dimana pelanggaran terhadap perempuan masih terjadi.

Banyak perempuan yang menganggap bahwa kekerasan dalam rumah tangga adalah hal yang lumrah. Sementara secara politik sosial dan budaya, posisi perempuan masih dianggap rendah, lemah dan peran perempuan masih dipandang sebelah mata.

Tahun ini OBR Hong Kong mengangkat tema

“Kikis Cara Pandang dan Penilaian Negatif Terhadap Kaum Perempuan Lawan Peraturan dan Perlakuan Diskriminasi Terhadap Buruh Migran, Tolak Pembungkaman, Kekerasan dan Hentikan Peperangan”

Mari bergabung gerakan global dan menjadi bagian pendorong korban untuk berbicara, bangkit memperjuangkan hak haknya, menghentikan bentuk – bentuk pelangaran dan memutus rantai kekerasan terhadap Perempuan, Perempuan Migran, dan Anak Gadis di Dunia, mari bergabung OBR Hong Kong dan Macau dan ramaikan acara yang akan diselenggarakan pada hari Minggu, 16 Februari 2020 di beberapa tempat.

I. PILAR HK (Persatuan Buruh Migran Indonesia Tolak Overcharging)
Hari       : Minggu 16 February 2020
Tempat : Lapangan Rumput Causeway Bay
Waktu   :  Jam 15.00 – 16.00 Pm

Contak Person :
Anik  : 69972651
Jepi : 96851379

DRES CODE: KAOS HITAM OBR Tahun Kemaren

II. ATKI HK (Asosiasi Buruh Migran Indonesia) dan GAMMI (Gabungan Migran Muslim Indonesia Hong Kong)
One Billion Rising ( OBR )
Hari       : Minggu 16 February 2020
Tempat : Tenda Putih Bawah
Waktu   :  Jam 14.00 – 16.00

Contak Person :
Nanie : 95878317
Iyenk : 90265374
May : 55028327

DRES CODE: KAOS HITAM OBR

III. IMWU HK (Indonesian Migrant Workers Union)  dan LiPMI (Liga Pekerjaan Migran Indonesia)
Hari       : Minggu 16 February 2020
Tempat : Lapangan sepak bola  no 1 Causeway Bay
Waktu   :  Jam 15.00 – 17.00

Contak Person :
Nina:51059479
Sahlan:55135366
Warni:98642232
Pur: 90159225

DRES CODE: KAOS HITAM OBR

Please follow and like us: