Sinar Migran

Jelang Imlek, majikan dan pekerja dihimbau utamakan keselamatan dan hindari resiko kecelakaan saat membersihkan jendela

Sehubungan dengan Tahun Baru China/Imlek yang akan segera tiba, pemerintah Hong Kong mengingatkan kepada majikan dan pekerja agar waspada dan melakukan tindakan keamanan saat membersihkan jendela.

Dalam rilis yang diunggah (16/01/2019) pemerintah Hong Kong melalui Departemen Ketenagakerjaan menghimbau kedua belah pihak guna menghindari kecelakaan kerja yang tidak di inginkan.

“Merupakan kebiasaan bagi keluarga untuk melakukan pembersihan menyeluruh atas rumah mereka dalam menyambut Tahun Baru Imlek. Banyak yang akan melakukan pekerjaan sendiri atau melibatkan pekerja untuk mengerjakannya. Baik majikan maupun pekerja harus memperhatikan keselamatan saat melakukan pekerjaan rumah tangga. Perhatian secara khusus adalah pada pekerjaan pembersihan jendela, yang berpotensi risiko jatuh dari ketinggian”, kata juru bicara Departemen Ketenagakerjaan.

Departemen Ketenagakerjaan mengingatkan agar kedua belah pihak mematuhi aturan yang diberikan seperti memasang teralis jendela dan menutupnya saat jendela dibersihkan. Selalu berdiri di lantai saat membersihkan jendela tanpa teralis. Jangan pernah menjulurkan tubuh keluar dari jendela. Jangan pernah bersandar pada jendela atau teralis jendela dan gunakan alat yang tepat dengan gagang panjang jika perlu.

Majikan dan pekerja juga diperingatkan agar memperhatikan bahan kimia yang digunakan, kadar batas aman dan cara penggunaan saat melakukan pembersihan. Beberapa bahan kimia tidak boleh dicampur dan digunakan secara bersamaan.
Menggunakan sarung tangan plastik juga sangat dianjurkan untuk melindungi kulit dari bahaya yang disebabkan bahan kimia.

Pemerintah Hong Kong, sejak 2017 telah memberlakukan aturan membersihkan jendela dengan memasukkan klausa tambahan nomer 6 di kontrak kerja buruh migran bagian Daftar Akomodasi dan Tugas Pekerja halaman 4.

Imlek tahun 2019 akan jatuh pada tanggal 5, 6 dan 7 Februari. Namun kesibukan menjelang perayaan tersebut sudah mulai jauh sebelumnya.
Tentu keselamatan dan keamanan buruh migran tetap harus diutamakan.

Untuk pertanyaan tentang masalah keselamatan dan kesehatan kerja, silakan hubungi Petugas Keselamatan Kerja Departemen Ketenagakerjaan di nomor 2559 2297 atau menghubungi Serikat Buruh dan Organisasi yang memberikan Pelayanan dan Konseling seputar hukum perburuhan seperti Indonesian Migrant Workers Union (IMWU), Asosiasi Buruh Migran Indonesia (ATKI), Persatuan BMI Tolak Overcharging (PILAR), Gabungan Migran Muslim Indonesia (GAMMI), Liga Pekerja Migran Indonesia (LiPMI).

(Vo)

Please follow and like us:

One thought on “Jelang Imlek, majikan dan pekerja dihimbau utamakan keselamatan dan hindari resiko kecelakaan saat membersihkan jendela

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *