Sinar Migran

JBMI Macau PEDULI BENCANA Topan Manggis

H

ong Kong SM 20/9/2018,Jaringan Buruh Migran Indonesia (JBMI) Macau melakukan aksi bersih~bersih pasca angin topan mangkut 16/9/2018

Bencana topan mangkhut yang terjadi diwilayah Hong Kong dan Macau Minggu 16 September menyisakan puing~puing bangunan dan pepohonan yang tumbang menutupi jalan juga fasilitas umum, termasuk kwancab dan sebuah masjid di Macau yang juga tidak luput dari batang~batang pohon dan dedaunan.

Pasca bencana, JBMI Makau melakukan aksi bersih~bersih di daerah Kwancab pada hari senin malam(17/9) sekitar 15 orang terlibat dalam aksi tersebut. Mereka adalah para relawan yang terdiri dari relawan IMWU Macau, Laskar BMI Macau dan kawan~kawan BMI serta buruh migran Philipine yang di koordinir oleh JBMI. Dengan menggunakan peralatan seadanya seperti sapu, mereka bergotong royong bahu membahu membersihkan sisa~sisa pepohonan.
Aksi peduli bencana berlanjut pada selasa siang(18/9) mereka juga membersihkan sebuah masjid didekat Kwancab.

Saat dihubungi melalui seluler Juru bicara JBMI Yosa Wariyanti mengatakan, tidak banyak kerusakan, dan keadaan juga sudah normal, aparat berkerja cepat cuma masjid memang kurang mendapat perhatian cepat dari aparat, jadi BMI yang bergerak bersama buruh migran muslim dari negara lain.
“sudah normal aparat bekerja cepat,
cuma masjid memang kurang dapat perhatian cepat dari aparat , jadi kita BMI yang bergerak juga buruh migran lain negara yang muslim.”

Yosa juga menambahkan, aksi peduli bencana ini bukan yang pertama, pada tahun lalupun JBMI Macau terjun lapangan untuk menjadi relawan ketika bencana topan Hato melumpuhkan sebagian besar wilayah Macau, mereka menjadi relawan berhari~hari dengan membagikan air dan makanan kepada korban terutama para lansia yang gedungnya mengalami kerusakan tidak ada air dan jaringan listrik terputus.
“Kalau tahun lalu hato, kita jadi relawan beberapa lama karena rusak total.
Gak cuma bersih~bersih kita bagi air, antar makanan ke orang lansia yang gedungnya gak ada listrik air.” Tambahnya.
(Yani*)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *