November 24, 2020

Sinar Migran

Media Informasi Pemberdayaan Buruh Migran

IFN: Komitmen melayani dan berjuang bersama BMI Singapura

Kisah ini dialami seorang BMI yang bekerja di Singapura, sebut saja Melati.
Ia baru bekerja 11 bulan lamanya. Namun, sedari awal kondisi kerjanya membuat tidak nyaman dan penuh tekanan.

Bagaimana tidak, Melati sering mengalami kekerasan verbal dan diusir. Dokumen milik pribadinya ditahan. Gajinya juga pernah dipotong sebesar $1000 karena dituduh merusakkan lantai dan laci lemari sebesar $100. Padahal gajinya $590, tidak banyak. Pernah ia mengadu ke agen pun tidak ada solusi  dan malah berakibat telfon genggam disita oleh majikan.

Melati yang awalnya menahan diri dan terus mencoba menerima perlakuan semena-mena majikan karena masih potongan agen dan bertahan karena ingin finish sampai 2 tahun, akhirnya berontak dan ingin membebaskan diri dari tekanan kondisi kerja dan kondisi tinggal didalam rumah majikan. 

Beruntung Melati bertemu Ani ( juga nama samaran). Ketika libur dihari minggu.
Kepada Ani, Melati menceritakan semua dan keinginannya mencari pertolongan.
Ani sesama BMI yang mengenal IFN akhirnya bersedia menyampaikan kepada team IFN supaya bisa membuat janji bertemu dengan Melati.

***
Tanggal 4 Oktober 2020 ahirnya kami berdua dari team IFN bertemu Melati.
Ketika melihat kami, Melati tersenyum. Senyum yang tidak dapat menyembunyikan berat beban yang tersirat di raut mukanya. Ia kurus dan cukup pucat, tapi ada binar harapan di matanya.

Awalnya pertemuan ini kami rencanakan untuk mengumpulkan data Melati. Namun dari kronologi yang disampaikan, akhirnya kami memutuskan membawa Melati ke Day Space milik NGO TWC2 ( Transient Worker Count Too) karna majikan telah mengusir dan melarang Melati kembali ke rumah majikan setelah libur.

Kami mengucapkan terima kasih kepada seorang sahabat IFN yg telah mengantarkan Melati kepada kami. Sehingga kami bisa menghubungkan Melati dengan agen yang memprosesnya.
Kasusnya sedang kami tangani bersama TWC2. Harapan kami bisa berjalan lancar, haknya terpenuhi dan sesuai dengan harapan Melati.

Jika teman teman menemui sesama BMI yang membutuhkan pertolongan jangan ragu untuk memberikan dukungan positif dan menghubungkannya dengan kami, IFN Singapura yang sudah menjadi komitmen kami membantu sesama BMI dimanapun berada, khususnya di Singapura. Salam. -IFN-

Kontak kami di
1. Rohimah. Hp +65 97756726
2. Erni Yunita. Hp +65 81613258
3. Sammi. Hp +65 82537349

Please follow and like us: