September 18, 2020

Sinar Migran

Media Informasi Pemberdayaan Buruh Migran

Hong Kong mendeportasi 9.137 pencari suaka

Hong Kong (05/04/2019) Selama periode 2014 hingga 2018, sejumlah 9.137 pencari suaka di Hong Kong yang mengklaim keselamatan mereka akan berada dalam bahaya jika mereka kembali ke negara asal mereka, telah dideportasi dari Hong Kong oleh Departemen Imigrasi.

Di antara mereka terdapat 4.953 pengajuan ditolak. John Lee Ka-chiu, sekretaris untuk keamanan merilis jumlah secara tertulis ketika dia menjawab pertanyaan yang diajukan Dewan Legislatif pada hari Rabu lalu.

Dilansir dari Asia Times, sepanjang tahun 2018 ada 1.859 orang dideportasi, naik 39% dari tahun sebelumnya. Jumlah pengaju yang dideportasi termasuk mereka yang mengajukan suaka karena alasan penyiksaan telah ditolak, ditarik, atau yang tidak dapat diambil tindakan lebih lanjut sebelum mekanisme penyaringan terpadu dilaksanakan pada bulan Maret 2014.

Vietnam menduduki jumlah terbanyak dengan total 1.151 orang dideportasi selama lima tahun terakhir, diikuti oleh India, Pakistan, Indonesia, Bangladesh, Filipina, dan Nepal.

Lee mengatakan bahwa akhir-akhir ini, jumlah pengajuan baru dan imigran ilegal telah turun 80% dibandingkan dengan ketika jumlah mencapai puncaknya.

Sementara itu, Lee mengatakan pemerintah telah memantau kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang etnis non Tionghoa termasuk pencari suaka dan keterlibatan mereka dalam jaringan mafia di Hong Kong.

Pada tahun 2018, 1.150 orang etnis non Tionghoa, kebanyakan pencari suaka, ditangkap karena kejahatan. Angka ini turun 25,4% dibandingkan tahun sebelumnya.

(Vo)

Please follow and like us: