September 19, 2020

Sinar Migran

Media Informasi Pemberdayaan Buruh Migran

Hong Kong Melarang Masuk Orang-Orang Non Residen Dalam 14 Hari Ke Depan

Hong Kong akan menutup perbatasannya bagi orang-orang non residen selama 14 hari terhitung mulai Rabu (24 Maret 2020),  di tengah lonjakan jumlah pasien virus coronavirus akhir-akhir ini yang mana banyak dari mereka diyakini telah membawa virus tersebut dengan mereka dari luar negeri.

Orang-orang non residen yang tiba dari China, Makau atau Taiwan masih akan diizinkan masuk, selama mereka tidak berada di tempat lain di dunia dalam 14 hari terakhir ini. Kebijakan ini  berlaku untuk warga warga negara Hong Kong maupun orang asing.

Tetapi mereka yang datang dari Makau dan Taiwan masih harus menjalani karantina selama 14 hari  sesuai aturan yang telah diberlakukan terhadap semua pendatang  dari semua tempat termasuk daratan China.

Selain itu, penduduk Makau yang pernah berada di negara-negara  lain selama 14 hari terakhir ini,  masih akan diizinkan  untuk terbang ke bandara Hong Kong, tetapi akan langsung dipulangkan ke kota asalnya oleh pemandu.

Pendatang juga dilarang untuk transit selama 2 minggu ke depan yang mulai diberlakuan pada rabu ini.

Pengumuman itu dibuat oleh Kepala Eksekutif Carrie Lam pada Senin sore ( 23 Maret 2020)  saat konferensi pers di kantor pusat pemerintah Hong Kong.

Tuntutan untuk melarang masuk bagi orang-orang non residen juga meningkat, seiring dengan pernyataan ahli medis dan pembuat kebijakan dari kedua belah pihak yakni yang pro pemerintah dan pro demokrasi yang mengatakan, langkah tersebut akan mengurangi tekanan terhadap rumah sakit-rumah sakit di kota ini.

Namun, sebagian besar yang ditemukan terinfeksi justru adalah orang-orang lokal yang baru saja melakukan perjalanan ke luar negeri dibanding orang-orang non residen.

Sejak  hari Jumat, siapa pun yang menunjukkan gejala Covid-19 setelah terbang menuju bandara Chek Lap Kok telah dibawa ke salah satu dari dua pusat pengecekan terdekat untuk diperiksa.

Mereka yang dinyatakan positif terkena virus dibawa ke rumah sakit, sementara yang lain diizinkan pulang ke rumah untuk dikarantina. ( Sumber berita https://news.rthk.hk/rthk/en/component/k2/1516270-20200323.htm )

Please follow and like us: