September 18, 2020

Sinar Migran

Media Informasi Pemberdayaan Buruh Migran

Coronavirus: Skema pemberian masker gratis, seperti apa?

Hong Kong-SM, Rabu (06/05/2020) Terhitung sejak pagi pukul 7 pemerintah Hong Kong membuka layanan online bagi permohonan masker gratis yang disediakan untuk sekitar 7,3 juta penduduk Hong Kong termasuk buruh migran.

Permohonan masker yang dapat digunakan dan cuci ulang sebanyak 60 kali tersebut tersedia hingga 6 Juni mendatang.

Dalam siaran radio lokal Sekretaris Inovasi dan Teknologi Hong Kong, Alfred Sit Wing-hang meminta para pengaju untuk mendaftarkan seluruh keluarga mereka guna menghemat sumber daya, menimbang sudah lebih dari 50.000 penduduk telah mendaftarkan diri untuk masker gratis bernama CuMask+ sampai dengan jam 8.15 pagi.

“Dalam satu jam pertama, kami telah membantu sekitar 50.000 pengaju menyelesaikan pendaftaran, dan lebih dari 100.000 orang secara total mengajukan masker.”

CuMask+  dikembangkan oleh Institut Penelitian Tekstil dan Pakaian Hong Kong. 

Masker dengan standar American Society for Testing dan Material (ASTM) F2100 Level 1 Standar dalam hal efisiensi filtrasi partikel (PFE), efisiensi filtrasi bakteri (BFE), resistensi terhadap penetrasi oleh darah sintetis, sifat mudah terbakar dan tahan tekanan, dan dapat digunakan kembali hingga 60 kali pencucian ini
memiliki enam lapis dengan fitur ergonomis khusus. Dua lapisannya mengandung tembaga yang mampu menangkal bakteri, virus umum dan zat berbahaya lainnya.

“Maskernya ramah lingkungan,” terang Sit.
“Kami mendengar dari para ahli kesehatan bahwa ancaman coronavirus tidak akan hilang selama beberapa bulan, sehingga orang-orang Hong Kong akan membutuhkannya.” Imbuhnya lagi.

Setiap penduduk Hong Kong diizinkan untuk mengisi formulir pendaftaran untuk maksimal enam orang, diri mereka sendiri dan lima orang lainnya.

Pendaftar memiliki waktu 30 menit untuk mengirimkan formulir online dengan mengisi informasi pribadi termasuk nomor ID Hong Kong mereka, tanggal lahir, nomor ponsel lokal, dan alamat pengiriman.

Pesan teks akan dikirim setelah informasi tersebut diverifikasi. Kemudian masker akan dikirimkan dalam kurun waktu dua minggu setelah pendaftaran berhasil.

Aplikasi untuk warga Hong Kong yang tinggal di luar negeri dimulai pada 13 Mei, tetapi mereka tetap memerlukan alamat lokal untuk pengiriman, dan nomor ponsel lokal.

Mereka yang tidak dapat mendaftar secara online dapat mengumpulkan topeng dari kantor pos setelah 6 Juni dengan menunjukkan kartu identitas Hong Kong mereka.

Sit juga mendorong supaya penduduk Hong Kong melakukan mendaftar untuk orang tua mereka yang tidak tinggal serumah.

“Orang-orang juga dapat membantu mengumpulkan masker untuk orang tua dan memberikannya kepada mereka, bahkan jika mereka tidak hidup bersama.”

Epidemi virus Covid-19 menunjukkan tanda-tanda mereda di kota, tanpa infeksi lokal selama 16 hari dan kasus positif yang terkonfirmasi sesekali datang dari luar daerah.
Hingga kini terdapat 1.040 kasus telah dikonfirmasi positif Covid-19, dan empat orang meninggal dunia.

Please follow and like us: