Jaringan Buruh Migran Indonesia (JBMI) Hong Kong bukan pertama kalinya menerima pengaduan dari kawan-kawan PMI yang didenda Agen setelah membatalkan proses kontrak kerja baru karena beberapa alasan dan pertimbangan.

Pada pertengahan Agustus 2023, tim paralegal JBMI kembali membantu salah seorang PMI, Sari (bukan nama sebenarnya) yang didenda sebesar HKD 800 oleh Agen Sunlight karena membatalkan proses kontrak.

Kontrak kerja yang baru ditandatangani 2 minggu sebelumnya, terpaksa ia batalkan karena majikan lama masih ingin mempekerjakan dirinya.

Proses kontrak kerja tersebut baru sampai di tahap Agen saja, belum sampai pada proses KJRI dan imigrasi. Sari pun belum melakukan rangkaian medikal. Artinya sejauh persoalan tersebut, belum ada biaya yang dikeluarkan.

Secara hukum Hong Kong yang mengatur hal yang terkait antara pekerja migran, Agen dan majikan, Agen hanya diperbolehkan memungut biaya komisi sebesar 10 persen dari gaji pertama PMI.

Kutipan pamflet Anjuran dan Larangan yang diterbitkan oleh Departemen Ketenagakerjaan Hong Kong

Oleh karena terdapat biaya overcharging yang dilakukan Agen, Tim paralegal JBMI merespon cepat pengaduan ini dan segera membuat laporan yang selanjutnya dikirim ke KJRI.

Laporan dikirim ke KJRI pada tanggal  16 Agustus 2023, baru diterima oleh KJRI pada tanggal 23 Agustus 2023. Selama menunggu, tim paralegal JBMI secara rutin melakukan penekanan terhadap KJRI supaya kasus segera ditindaklanjuti.

Tidak ada usaha yang sia-sia. Pada tanggal 5 September 2023, Agen menghubungi korban dan memberitahu bahwa uang yang pernah diserahkan sebesar HKD 800 akan dikembalikan.

Dengan penuh rasa gembira, kemarin Minggu 10 September 2023, PMI yang bersangkutan mengabarkan kepada tim paralegal JBMI, bahwa uangnya telah diterima kembali.

Please follow and like us:
No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Aksi
Aksi Tuntutan Kenaikan Gaji dan Perbaikan Akomodasi PMI di Hong Kong

Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hong Kong telah menggelar aksi pada hari Minggu, 03 Agustus 2023 menuntut kenaikan gaji dan perbaikan akomodasi. Tuntutan ini muncul sebagai respons terhadap kondisi kerja yang sulit dan biaya hidup yang tinggi di negara tersebut. Aksi diikuti oleh Indonesian Migrant Workers Union ( IMWU) , …

Politik
PRT migran meninggal terjatuh saat membersihkan jendela flat

Hong Kong- SM, Senin (15/05/2023) Seorang pembantu rumah tangga (PRT) migran di Hong Kong terjatuh saat membersihkan jendela apartemen di Lai Chi Kok pada hari Senin pukul 11.23 pagi. Insiden tersebut terjadi di sebuah apartemen di Tower 6 Manhattan Hill di Po Lun Street. Korban dilarikan ke Pusat Medis Caritas, …

Politik
TOLAK PEMERASAN BEACUKAI DAN PAJAK
TERHADAP PEKERJA MIGRAN DAN WARGA NEGARA
INDONESIA DI LUAR NEGERI

JBMI – jaringan yang menyatukan organisasi-organisasi pekerja migran dan anggota keluarganya – mengecam keras praktek pemungutan beacukai yang tidak adil dan transparan, pengrusakan serta penghilangan barang kiriman pekerja migran dan warga negara Indonesia diluar negeri. JBMI juga mengecam pemberlakuan pajak atas barang elektronik genggam yang dipakai pekerja migran ketika cuti/pulang …