Sinar Migran

ATURAN BARU IMIGRASI DI TENGAH PANDEMI COVID19: Perpanjangan Visa Kerja PRT Migran Maksimum 3 Bulan Setelah Finish Kontrak

Foto: dimsumnews

Hong Kong-SM, Rabu (30/06/2021)
Di tengah pandemi Covid, pemerintah Hong Kong kembali menerapkan langkah dengan memberi ijin majikan dan pekerja rumah tangganya (PRT) memperpanjang masa berlaku kontrak dengan jangka waktu maksimal tiga bulan jika kedua belah pihak bersepakat.

Komisaris Tenaga Kerja Hong Kong menjelaskan, ijin tersebut berlaku untuk semua kontrak yang akan berakhir pada atau sebelum tanggal 30 September 2021

Pihaknya tidak akan mempertimbangkan kontrak kontrak yang telah diperpanjang di bawah pengaturan fleksibilitas sebelumnya termasuk yang diumumkan pada 29 Maret 2021.

Jika PRT yang baru direkrut tidak dapat terbang ke Hong Kong dalam jangka waktu tiga bulan dan majikan membutuhkan pekerja, maka majikan harus mengajukan perpanjangan kontrak dengan pekerja yang sudah ada.

Sementara itu, pemerintah akan lebih memperluas pengaturan fleksibilitas mengenai penangguhan kepulangan bagi PRT.

PRT yang tidak dapat kembali ke tempat asal mereka dalam jangka waktu satu tahun tersebut dapat mengajukan permohonan kepada Departemen Imigrasi untuk perpanjangan batas tinggal lebih lanjut sampai akhir kontrak mereka dengan menyertakan surat persetujuan dari majikan mereka.

Pemerintah mengingatkan majikan dan PRT bahwa pengaturan fleksibilitas harus disepakati bersama di antara mereka dan persyaratan bahwa PRT harus kembali ke tempat asalnya tetap berlaku. Majikan harus mengatur agar pembantu mereka kembali ke tempat asal mereka dalam batas waktu tinggal yang diperpanjang.

Pemerintah akan terus memantau situasi dan meninjau langkah-langkah di atas dan pengaturan fleksibilitas jika diperlukan.

Berkaitan dengan pencegahan penyakit dan mengurangi arus orang, Pemerintah menghimbau kepada anggota masyarakat untuk memanfaatkan halaman web khusus imigrasi (ImmD) “Layanan Online untuk Pembantu Rumah Tangga Asing” di www.immd.gov.hk/fdh atau aplikasi seluler ImmD untuk mengajukan aplikasi visa untuk PRT migran, pemberitahuan pemutusan kontrak kerja sebelum waktunya, dll. melalui sarana online.

ImmD telah memperkenalkan layanan Pembaruan Cerdas yang memungkinkan orang yang mengajukan aplikasi visa online untuk pekerjaan lebih lanjut bagi PRT migran (yaitu pembaruan kontrak, penyelesaian sisa periode kontrak saat ini, atau penundaan kembali ke tempat asal sesuai dengan fleksibilitas yang disebutkan di atas).

Setelah pengajuan aplikasi di setujui, mereka bisa membayar visa melalui berbagai cara dan mengambil visa melalui pos, sehingga mereka tidak perlu datang ke kantor ImmD yang nyaman dan tepat waktu, hemat sekaligus mengurangi bepergian dan berkontribusi dalam upaya memerangi virus bersama.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *