November 30, 2020

Sinar Migran

Media Informasi Pemberdayaan Buruh Migran

Asuransi Pekerja Rumah Tangga di Singapura



Selama bekerja di Singapura Pekerja Rumah Tangga (PRT migran) berhak mendapatkan dua jenis jaminan asuransi. Yaitu asuransi kesehatan dan kecelakaan kerja.

Pertama, Asuransi kesehatan.
Secara umum, polis-polis standar asuransi akan memproteksi risiko kesehatan, seperti kecelakaan ringan yang berhubungan dengan pekerjaan dan biaya klinik, biaya rumah sakit, biaya operasi dan biaya inap yang bisa di klaim oleh pekerja. Disini, majikan harus membeli asuransi yang menjamin kompensasi sebesar S$15,000* per tahun.

Kedua, asuransi kecelakaan. Jika terjadi kecelakaan pada PRT yang menyebabkan meninggal atau dia menderita cacat permanen.
Kopensasi pembayaran diberikan kepada keluarga PRT. Majikan harus membeli asuransi yang menjamin kompensasi sebesar S$60.000.

Kedua jenis jaminan asuransi ini harus dibeli majikan sebelum pekerja tersebut datang ke Singapura atau sebelum memperbaharui work permit pekerja.

Asuransi ini dibagi menjadi tiga kelas yaitu: Basic Plan, Standard Plan dan Enhanced Plan yaitu asuransi yang bisa ditinggatkan jaminan kompensasinya menjadi S$80.000 untuk resiko cacat dan kematian. Namun jarang majikan membeli asuransi dengan Enhanced Plan karena preminya juga tinggi.

Asuransi PRT yang komprehensif mencakup kematian dan cacat permanen karena kecelakaan selama bekerja di Singapura, biaya ganti majikan, kompensasi gaji serta pemulangan.
Namun asuransi ini tidak menutup kompensasi untuk penyakit yang disebabkan oleh penularan penyakit seksual, dokter gigi dan pembayaran klinik.

Untuk pencairan klaim asuransi ini tidak bisa diberlakukan dalam hari yang sama. Perusahaan asuransi biasanya akan memastikan bahwa asuransi ini tidak di klaim untuk penyakit bawaan yang telah diderita sebelum mulai bekerja di majikan tersebut.

Majikan sendiri bisa membeli asuransi untuk 14 atau 26 bulan. Dengan kisaran harga antara S$250 sampai S$400. Majikan bisa membeli asuransi PRT yang tersedia hampir semua perusahaan asuransi di Singapura secara mandiri atau melalui agen asuransi. (El)

* Kurs mata uang Rp 10748.91 per S$ 1 (02 November 2020)

Please follow and like us: