Sinar Migran

10 Hari lagi, jadwal kedua penggantian HK Smart ID dimulai

Departemen Imigrasi Hong Kong akan memulai tahap kedua dari program penggantian Kartu Identitas Hong Kong (HK Smart ID) di seluruh wilayah Hong Kong pada 21 Januari.

Seluruh warga, termasuk buruh migran yang tahun kelahirannya 1985 dan 1986 dihimbau untuk mengganti antara tanggal 21 Januari sampai 30 Maret 2019.

Sedang tahap ketiga untuk warga kelahiran 1968 dan 1969 dijadwalkan antara 1 April sampai 1 Juni 2019.

Tidak ada biaya yang dikenakan untuk penggantian HK Smart ID ini. Namun bagi warga yang tidak melakukan penggantian selama periode yang ditentukan tanpa alasan yang valid bisa terkena denda HK $ 5.000 (Rp. 8,968,500).

Departemen Imigrasi akan mengumumkan penggantian sesuai jadwal untuk kelompok umur lainnya secara bertahap.

Pendaftaran perubahan HK Smart ID telah dilakukan sejak 27 Desember tahun lalu menjadi program pemerintah Hong Kong guna meningkatkan perangkat keamanan dalam kartu.

Pendaftaran ini bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya mengunjungi laman website www.gov.hk/newicbooking. Mengunduh Aplikasi Seluler Departemen Imigrasi kemudian mengisi data diri atau menelfon hotline 24 jam pada nomer 2121 1234.

Pendaftaran terlebih dahulu dilakukan guna menghemat waktu dan mempermudah proses sebelum datang melakukan penggantian kartu.

Pemerintah Hong Kong menyediakan sembilan pusat penggantian di seluruh kota dengan jam kerja dari jam 8 pagi sampai 10 malam, beroperasi hari Senin hingga Sabtu.

(Vo)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *