May 30, 2020

Sinar Migran

Media Informasi Pemberdayaan Buruh Migran

Serius Tangani Korban Overcharging, JBMI Bersama Kabar Bumi Lakukan Pertemuan Ahli di YLBHI

Pada Minggu, 19 Januari 2020, JBMI dan KABAR BUMI mengadakan “Pertemuan Ahli Membedah Permasalahan Overcharging dan Penahanan Dokumen Terhadap Buruh Migran Indonesia” bertempat di kantor YLBHI, Jakarta. Pertemuan ini dilakukan guna mencari celah untuk membantu korban dari kasus overcharging dan penahanan dokumen yang mereka alami.

“Secara hukum itu memang sulit, sebab korban overcharging sudah menandatangani surat perjanjian. Ada hitam di atas putih. Namun tetap harus ada upaya yang dilakukan agar tidak lagi berjatuhan korban-korban selanjutnya. Sebab overcharging ini adalah sebuah kejahatan yang tersistematis dan terjadi terus menerus. Sedangkan pemerintah sendiri abai terhadap kasus ini. Untuk itu kami perlu bertemu dengan ahli hukum untuk membedahnya,” jelas Eni Lestari.

Hadir dalam pertemuan tersebut Bapak Afif Amrullah dari PBH Peradi Bantul, Bapak Yogi Setiawan dari YLBHI dan Yuni Asri dari Komnas Perempuan. JBMI dan Kabar Bumi mengucapkan terima kasih kepada nara sumber yang bersedia menyempatkan waktu liburnya untuk urun rembug membedah praktek Overcharging dan Penahanan Dokumen yang marak dilakukan PJTKI/PPTKIS/P3MI, serta memberi pencerahan langkah-langkah hukum apa yang bisa ditempuh korban dan organisasi Buruh Migran.

Please follow and like us:
error4
Tweet 20
fb-share-icon20