Izin Praktek Agen Fardiansyah Dicabut

Departemen Tenaga Kerja (LD), Selasa 28 Mei lalu mencabut lisensi Agen Tenaga Kerja bernama lengkap Fardiansyah International Limited (FIL), karena melanggar kode etik yang ditentukan oleh LD.

Agen yang beroperasi di Yau Ma Tei ini telah gagal memenuhi standar yang ditetapkan dan terbukti melakukan pelanggaran dalam berbagai aspek, diantaranya gagal mengawasi staf mereka dalam kaitannya dengan penyediaan layanan penempatan kerja, gagal membuat perjanjian layanan dengan pembantu rumah tangga asing (FDH), gagal mengirim salinan kontrak kerja standar (SEC) kepada FDH segera setelah selesai proses, menahan paspor pencari kerja setelah FDH mendapatkan pekerjaan atau setelah visa turun, dan gagal memberikan alinan dari sampel SEC kepada FDH sesuai bahasa yang dimengerti/ bahasa ibu mereka.

Menurut pasal 53 (1) (c) (iva) Undang-undang Ketenagakerjaan (EO), Komisaris untuk Perburuhan dapat mencabut lisensi EA jika dia meyakini bahwa penerima lisensi yang bersangkutan belum mematuhi Kode Etik.

Juru bicara LD menghimbau kepada operator agen tenaga kerja (EA) untuk melakukan bisnis mereka sesuai dengan hukum dan persyaratan Kode Praktik untuk EA setiap saat.

Peraturan Ketenagakerjaan (Amandemen) 2018, yang mulai berlaku pada Februari 9, 2018, selanjutnya memberdayakan Komisaris untuk menolak menerbitkan atau memperbarui lisensi, atau mencabut lisensi, jika pemegang lisensi atau orang yang bermaksud menjadi pemegang lisensi, atau orang yang terkait dari atau individu yang dipekerjakan oleh pemegang lisensi atau orang tersebut berniat menjadi penerima lisensi, telah melanggar Bagian XII dari EO, seperti pencari kerja yang terlalu tinggi, atau jika dia tidak mematuhi Kode. ”

Pencabutan ijin praktek Agen ini adalah pencabutan pertama pada 2019. Tahun 2018, ada sebanyak delapan kasus pencabutan ijin praktek Agen / penolakan pembaruan lisensi EA.

Saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Konsul Protokol dan Konsuler KJRI Hong Kong Erwin Muhamad Akbar membenarkan bahwa Agen Fardiansyah terdaftar di KJRI. Ia juga menambahkan bahwa Sertifikat Akreditasi Bisnis yang dikeluarkan untuk Agen tersebut tidak berlaku lagi begitu LD mencabut ijin prakteknya.

Sinar Migran mencoba melakukan kontak telefon dan mengirim pesan WhatsApp kepada Nanang Fardiansyah sebagai pemilik Agen sekaligus manager PT Sofia Sukses Sejati, namun sampai berita ini dimuat, tidak ada jawaban.

Untuk pertanyaan atau keluhan tentang malpraktek EA, silakan hubungi Administrasi Agen Ketenagakerjaan LD di 2115 3667, atau kunjungi kantornya di Unit 906, 9 / F, Pusat Komersial One Mong Kok Road, 1 Mong Kok Road, Kowloon.

(SM)

Please follow and like us:
error0

One thought on “Izin Praktek Agen Fardiansyah Dicabut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *