July 16, 2020

Sinar Migran

Media Informasi Pemberdayaan Buruh Migran

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan PRT Asing Dalam Hal Perpanjangan Kontrak Dan Yang Melakukan Perjalanan Ke Hong Kong Disaat Pandemik Corona

konferensi press AMCB

Menyingkapi perkembangan terbaru infeksi COVID 19, hari ini (19 Maret) pemerintah mengumumkan bahwa pengaturan fleksibilitas untuk memperpanjang masa berlaku kontrak PRT asing akan diperpanjang yang langsung diberlakukan. Departemen Tenaga Kerja juga memohon kepada para majikan dari PRT Asing dan agen-agen tenaga kerja untuk melakukan pengaturan yang dibutuhkan guna menyediakan akomodasi wajib karantina di rumah terhadap PRT asing yang melakukan perjalanan ke Hong Kong, yang berlaku mulai hari ini.

“Pemerintah akan memperpanjang pengaturan feksibilitas yang diumumkan pada tanggal 4 Februari 2020 ((www.info.gov.hk/gia/general/202002/04/P2020020400547.htm) untuk memungkinkan majikan memperpanjang masa berlaku kontrak dengan PRT asing yang sedang mereka pekerjakan. Pengaturan fleksibilitas ini bertujuan untuk membantu majikan-majikan yang kontraknya dengan PRT asing yang ada akan segera berakhir, akan tetapi menghadapi situasi dimana PRT asing yang baru direkrut tidak dapat terbang untuk memulai kontrak baru. Pengaturan fleksibilitas dapat membantu keluarga-keluarga yang terkena dampak dengan memungkinkan mereka untuk terus mempertahankan PRT asing mereka saat ini sembari menunggu PRT asing baru untuk bertugas. Hal ini juga akan membantu PRT asing yang sedang menunggu bertugas untuk mempertahankan kontrak mereka dengan majikan-majikan mereka,” demikian penjelasan juru bicara pemerintah.

Menurut pasal 15 (a) Kontrak Kerja Standar (Standard Employment Contract/SEC), seorang majikan dapat mengubah Pasal 2 Kontrak Kerja Standar untuk memperpanjang masa kerja tidak lebih dari satu bulan dengan kesepakatan bersama antara majikan dan PRT asing, dan dengan persetujuan Direktur Imigrasi. Persetujuan sebelumnya dari Komisaris Tenaga Kerja diperlukan  untuk memperpanjang masa kontrak PRT asing lebih dari sebulan. Di bawah pengaturan feksibilitas yang diumumkan pada tanggal 4 Februari 2020,  Komisioner Tenaga Kerja telah memberi persetujuan prinsip bagi semua kontrak PRT asing yang akan berakhir pada atau sebelum 31 Maret 2020, yang akan diperpajang hingga 31 Mei 2020, dengan ketentuan bahwa pengubahan tersebut disepakati bersama oleh majikan dan PRT asing.

Menanggapi perkembangan terbaru infeksi COVID-19, Komisaris Tenaga Kerja kini telah memberikan persetujuan prinsip lebih lanjut bagi semua kontrak PRT asing yang akan berakhir pada atau sebelum tanggal 30 Juni 2020, untuk mengubah periode yang dinyatakan di Pasal 2 dari dokumen tersebut. Kontrak Kerja Standar dengan memperpanjang masa kerja kontrak kerja hingga 31 Juli 2020, dengan dasar bahwa perubahan tersebut disepakati bersama oleh majikan dan PRT asing. Majikan dan PRT asing yang membutuhkan dapat mengajukan permohonan langsung ke Direktur Imigrasi untuk perpanjangan masa kerja dan tinggal PRT asing pada atau sebelum tanggal 31 Juni 2020. Setelah menerima permohonan, Departemen Imigrasi akan memprosesnya sesuai dengan prosedur dan kebijakan yang berlaku.

“Jika kontak dengan PRT asing saat ini telah diperpanjang berdasarkan pengaturan fleksibilitas yang diumumkan pada tanggal 4 Februari 2020, majikan masih dapat mengajukan permohonan ke Imigrasi untuk lebih lanjut memperpanjang lagi masa kerja dan tinggal hingga 31 Juli 2020, jika kedua belah pihak menyetujui perubahan” kata juru bicara pemerintah.

Permohonan perpanjangan tinggal PRT asing dapat diajukan selama jam kerja atau melalui pos ke Bagian Pembantu Rumah Tangga Asing di Immigration Tower di Wan Chai (Foreign Domestic Helpers Section at Immigration Tower in Wan Chai). Dokumen yang harus diperlukan untuk memasukkan permohonan antara lain:

  • Formulir permohonan perpanjangan/visa bagi PRT dari luar negeri (ID 988A) yang dilengkapi dan ditanda tanggani oleh PRT asing. (Visa/Extension of Stay Application Form for Domestic Helper from Abroad (ID 988A) completed and signed by the FDH)
  • Kontrak kerja standar yang masih berlaku (ID 407) yang disimpan oleh majikan dan PRT dengan penambahan pasal tentang perpanjangan masa kerja yang ditandatangani oleh kedua belah pihak di bagian akhir halaman 4. (the current SEC (ID 407) kept by the employer and the FDH with an amendment clause on extending the period of employment duly signed by both parties at the end of page 4)
  • Surat dukungan yang ditandatangani oleh majikan yang menyatakan alasan-alasan untuk memperpanjang masa berlaku kerja. (a supporting letter signed by the employer stating the reason(s) for extending the period of employment)
  • Dokumen perjalanan PRT asing (tolong kirimkan fotokopinya jika permohonan melalui pos). the (FDH’s travel document (please send a copy if applying by post))
  • Biaya visa sebesar $230 (a visa fee of $230)

Pemerintah akan terus memantau dengan cermat dan meninjau pengaturan fleksibilitas diatas sebagaimana diperlukan.

Sementara itu, menindaklanjuti permintaan Departemen Kesehatan bahwa pendatang yang datang dari semua negara/wilayah harus menjalani karantina rumah wajib yang mulai berlaku pukul 00:00 pada tanggal 11 Maret 2020, Departemen Tenaga Kerja memohon bantuan para majikan dari PRT asing dan para agen tenaga kerja untuk mengingatkan PRT asing agar mematuhi peraturan persyaratan karantina wajib.

Dibawah karantina rumah wajib, majikan atau agen tenaga kerja juga disarankan juga untuk mendidik PRT asing untuk tinggal di rumah setiap saat dan mengikuti saran kesehatan dari Departemen Kesehatan. Meskipun PRT asing diharapkan tinggal dirumah majikan, namun jika majikan ingin mengatur agar PRT asingnya tinggal diluar, maka majikan harus membuat pengaturan lebih awal dengan agen tenaga kerja (jika ada) untuk mengakomodasi PRT asing yang bersangkutan berdasarkan karantina rumah wajib.

Majikan juga diingatkan untuk mematuhi kewajibannya berdasarkan Kontrak Kerja Standar, termasuk menanggung biaya akomodasi PRT asing dan menyediakan tunjangan makanan bagi PRT asing. Majikan tidak boleh memaksa PRT asingnya untuk bekerja diluar rumah majikannya.

Kamis, 19 Maret 2020
Dikeluarkan di Hong Kong Pukul 15:27

Sumber Berita :https://www.info.gov.hk/gia/general/202003/19/P2020031900394.htm?fontSize=1

Please follow and like us:
error4
Tweet 20
fb-share-icon20