Hakim jatuhi hukuman Agen tenagakerja dan travel Fernandez pelaku overcharging

Aksi Jaringan Buruh Migran Indonesia (JBMI) di Hong Kong dalam peringatan hari migran internasional ke 29. Salah satu tuntutan yang disuarakan oleh JBMI adalah perlindungan untuk korban overcharging dan ruang untuk menuntut supaya haknya dipenuhi.

Hong Kong- Seorang pemegang lisensi dan seorang rekannya dari pemegang lisensi sebuah agen tenaga kerja (EA) dihukum di Pengadilan Magistrates Timur hari Senin (16 Desember) karena terbukti melakukan overcharging (menarik biaya berlebihan-red) kepada dua pembantu rumah tangga asing (FDH) dan didenda total HK$ 24.000. Pengadilan juga memerintahkan pemegang lisensi tersebut untuk mengembalikan biaya overcharging yang sudah ditarik sebesar HK$ 6.659 ke salah satu FDH yang bersangkutan.

Pada bulan Mei, Administrasi Agen Tenaga Kerja (EAA) dari Departemen Tenaga Kerja (LD) menerima pengaduan dari dua orang FDH bahwa Agen tenagakerja dan travel Fernandez yang berkantor di North Point telah melakukan overcharging.

Dari hasil investigasi mengungkapkan bukti yang cukup kuat bahwa pemegang lisensi dan rekanan dari penerima lisensi EA yang bersangkutan telah membebankan biaya berlebihan terhadap FDH, LD memutuskan untuk mengambil penuntutan terhadap mereka.

Menurut undang-undang, penerima lisensi atau rekanan dari pemegang lisensi sehubungan dengan EA, atau orang yang mengaku bertindak sebagai pemegang lisensi atau rekanan, tidak diperbolehkan memungut biaya apapun dari pencari selain dari komisi yang ditentukan , yaitu jumlah yang tidak melebihi 10 persen dari gaji bulan pertama pencari kerja setelah penempatan berhasil.       

Pada tanggal 23 Oktober lalu, Agen tenagakerja bernama Smart Joy yang beralamat di Lai Chi Kok dicabut ijin operasionalnya karena melanggar Kode Praktik Agen yang ditentukan oleh LD.

LD mengingatkan EA untuk beroperasi dengan kepatuhan penuh terhadap hukum dan Kode Praktik untuk Agen Ketenagakerjaan setiap saat. Kegagalan untuk melakukannya dapat menyebabkan penuntutan dan / atau pencabutan lisensi.

Ordonansi Ketenagakerjaan (Amandemen) 2018, yang berlaku sejak 9 Februari 2018, telah meningkatkan hukuman maksimum jika menarik biaya terlalu tinggi dari pencari kerja hingga denda $ 350.000 dan penjara selama tiga tahun.        

Untuk pertanyaan atau keluhan tentang operasi tanpa izin atau pengisian berlebih oleh EA, silakan hubungi EAA LD di 2115 3667, atau kunjungi kantornya di Unit 906, 9 / F, Pusat Komersial One Mong Kok Road, 1 Mong Kok Road, Kowloon.  

(vo)

Please follow and like us:
error0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *