Agen tenaga kerja di North Point dihukum karena lakukan overcharging kepada PRT Migran

Seorang pemegang lisensi Agen tenaga kerja (EA) bernama Philip-Indonesian Helpers Employment Limited dihukum di Pengadilan tingkat rendah, Eastern Law Court Sai Wan Ho pada hari Senin (10/06/2019). Agen tersebut juga dikenai denda total sebesar HK $ 84.000 karena membebankan biaya berlebih (Overcharging-Red) pada sembilan pembantu rumah tangga Migran (FDH).

Pengadilan juga memerintahkan EA tersebut untuk mengembalikan biaya Agen dengan total HK $ 60.297, kepada FDH yang bersangkutan.

Sejak Oktober 2018 hingga Januari 2019, Badan Administrasi untuk Agen Tenaga Kerja (EAA) dari Departemen Tenaga Kerja (LD) menerima sembilan pengaduan korban overcharging yang dilakukan Agen Philip-Indonesian yang beralamat di Room C, lantai 15, Bank Tower, 351-353 King’s Road, North Point.

Kasus overcharging kemudian terungkap dan pelaku diadili setelah para pengadu setuju membantu pihak LD dalam proses penyelidikan. Karena ada cukup bukti berikut investigasi bahwa EA yang bersangkutan telah menagih berlebihan, LD memutuskan untuk melakukan penuntutan terhadap pemegang lisensi EA.

Menurut undang-undang, seorang EA tidak diperbolehkan memungut biaya selain yang ditentukan komisi, yang jumlahnya tidak melebihi 10 persen dari gaji bulan pertama setiap pencari kerja setelah berhasil mendapat pekerjaan.

LD mengingatkan EA untuk patuh terhadap hukum serta mentaati Kode Praktik untuk Agen Ketenagakerjaan setiap waktu dalam menjalankan bisnisnya.

LD dapat melakukan penuntutan dan mungkin pencabutan lisensi jika terjadi pelanggaran. Ordonansi Ketenagakerjaan (Amandemen) 2018, efektif sejak 9 Februari 2018 juga menerangkan hukuman maksimal untuk penarikan biaya yang terlalu tinggi bagi pencari kerja adalah denda $ 350.000 dan penjara selama tiga tahun.

Ahir Mei lalu LD mencabut ijin praktek Agen tenaga kerja Fardiansyah International Limited sebab terbukti melakukan pelanggaran kode etik Agen yang berlaku. Pencabutan ini adalah yang pertama dalam kurun tahun 2019.

PRT Migran bisa melaporkan keluhan tentang praktek Agen tenaga kerja kepada EAA LD di 2115 3667, atau kunjungi kantornya di Unit 906, 9 / F, One Mong Kok Road Commercial Center, 1 Mong Kok Road, Kowloon.
Atau menghubungi organisasi Jaringan Buruh Migran Indonesia (JBMI-HK), IMWU, ATKI, LiPMI, GAMMI, PILAR atau posko Konseling Movers disekitar anda.

(Vo)

Please follow and like us:
error0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *